Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Contoh CV Software Developer dan Tips Membuatnya

Bagikan :

Contoh CV Software Developer dan Tips Membuatnya – Dalam pengertiannya software developer adalah sebuah profesi yang tugasnya membangun serta menciptakan sebuah produk. Untuk bisa membangun sebuah produk tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena memiliki sebuah prinsip desain serta implementasi rekayasa perangkat lunak yang telah ditentukan oleh pihak terkait.

1. Mengenal Software Developer

Seorang yang bekerja sebagai software developer ini akan terlibat dalam proses rancangan serta pembuatan sistem baru. Selain itu profesi ini juga akan melibatkan mengenai rencana, pembuatan design, testing, coding bahkan sampai encrypting. Semua proses yang dilakukan tersebut bukan hanya dikerjakan sendiri tetapi akan bekerja sama juga dengan tim lain.

Pekerjaan seorang software developer memanglah begitu kompleks serta juga memerlukan kemampuan yang lebih spesifik di dunia komputer, matematika, dan juga science. Pekerjaan software developer ini akan terus berkembang dan akan terus berubah. Maka dari itu tidak heran bagi para seorang developer perlu untuk terus belajar serta menggali ilmu lebih dalam.

2. Jobdesk Software Developer 

Jobdesk utama atau tugas utama dari seorang software developer adalah menciptakan sebuah produk.

Tetapi selain itu juga memiliki tugas lain. Berikut beberapa jobdesk seorang software developer:

  1. Mengarahkan dan juga mengembangkan uji sistem software serta dokumentasi, prosedur validasi, dan pemrograman.
  2. Memodifikasi suatu software supaya kerusakan bisa diperbaiki, mengoptimalkan hardware baru, dan juga mengembangkan kinerja.
  3. Melakukan analisa kebutuhan pengguna serta software kelayakan desain produk.
  4. Bekerja bersama programmer, sistem analis, dan juga pekerja lain supaya bisa mendesain aplikasi serta sistem secara baik.
  5. Melakukan maintenance sistem yang sudah ada dengan memperbaiki kesalahan yang terjadi dan juga memperhatikan pengawasan.
  6. Merancang, mengembangkan, dan juga melakukan modifikasi software secara analisis ilmiah dan model matematika khusus.
  7. Merancang, membaca, serta menulis berbagai macam kode pada software baru. Bila ada kesalahan kode maka mereka perlu untuk memperbaiki kode tersebut.
  8. Bertemu dengan para klien serta project manager untuk bisa menciptakan sistem dan juga merancang sistem baru.
  9. Selain itu para software developer juga perlu untuk mendokumentasikan setiap updatean dari software yang sedang ditangani.

Itulah tadi beberapa jobdesk dari seorang software developer. Tetapi biasanya di setiap perusahaan akan memberikan jobdesk yang berbeda. Namun pada intinya untuk menjadi seorang developer perlu untuk berinovasi dengan baik serta bisa bekerja bersama tim.

3. Cara Membuat CV

3.1 Penulisan Tentang Saya Pada CV

Pada bagian awal CV tentunya akan dilengkapi dengan penulisan “Tentang Saya”. Hal ini memuat informasi tentang diri yang dapat di tuliskan dengan detail. Mulai dari nama, tempat tinggal dan identitas lainnya. Jangan lupa tambahkan kontak no telephone dan alamat email yang masih aktif dan dapat dihubungi. Tuliskan dengan sejujur-jujurnya agar tidak menimbulkan kekeliruan di tahap seleksi ataupun interview berikutnya.

3.2 Penulisan Riwayat Pendidikan

Mengenai riwayat pendidikan, kamu bisa tuliskan riwayat pendidikan terakhir ataupun dapat kamu jabarkan pendidikan mulai dari bangku Sekolah Dasar hingga pendidikan tinggi. Cantumkan juga tahun masuk dan tahun lulus pada riwayat pendidikan. Jangan lupa lampirkan pula beberapa prestasi ataupun organisasi keanggotaan yang pernah kamu ikuti.

3.3 Penulisan Riwayat Pekerjaan

Pada penulisan CV lengkapi pula dengan riwayat pekerjaan kamu ditempat bekerja sebelumnya. Tambahkan tahun mulai masuk bekerja dan tahun berhenti bekerja. Jangan lupa jobdesk atau tanggung jawab kamu pada posisi pekerjaan di tempat yang sebelumnya. Tambahkan prestasi atau pencapaian terbaik kamu agar interviewer dapat mempertimbangkan CV kamu.

4. Desain dan Format

Contoh CV Software Developer dan Tips Membuatnya

Video Dari BikinCV

Sekian Contoh CV Software Developer dan Tips Membuatnya . Kini kamu lebih mudah dalam membuat CV lamaran kerja dengan menggunakan CV Maker dari BikinCV. Pada BikinCV kamu dapat membuat CV dengan cepat dan praktis karena tersedia banyak fitur yang dapat membantu kamu dalam proses pembuatan CV. Selain itu, di BikinCV juga terdapat banyak template CV menarik yang bisa kamu gunakan. Buruan dicoba !

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI