Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Kenapa Melamar di Perusahaan Ini? [Cara Jawab Saat Interview]

Interview Tenang adalah Kunci Sukses
Bagikan :

Kenapa Melamar di Perusahaan Ini? [Cara Jawab Saat Interview] – Pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” sangat sering diajukan HRD ketika interview. Pertanyaan ini diajukan bukan tanpa tujuan dan biasanya ditanyakan saat HRD/user tertarik dengan CV atau resume anda.

Tujuan HRD mengajukan pertanyaan “alasan bekerja di perusahaan” untuk mengukur ketertarikan kamu terhadap penawaran pekerjaan ini. Dalam proses seleksi, HRD ingin merekrut karyawan baru yang punya tingkat ketertarikan yang tinggi. Sehingga karyawan tersebut dapat berkontribusi dengan sungguh-sungguh.

Pertanyaan serupa yang sering di tanyakan oleh HRD terkait alasan bekerja di perusahaan adalah sebagai berikut

  • mengapa anda ingin bergabung dengan kami?
  • alasan kenapa anda tertarik bekerja disini?
  • mengapa tertarik bekerja di perusahaan kami?

Melalui pertanyaan ini juga HRD ingin mengetahui persiapan interview kamu. Apakah kamu melakukan riset mengenai perusahaan tersebut atau tidak sama sekalI. Kandidat yang cerdas memiliki kesiapan dan pengetahuan tentang perusahaan. Lantas, bagaimana cara menjawab kenapa mau masuk perusahaan ini?

Menjawab “Mengapa Ingin Bekerja Di Perusahaan Kami?”

Berikut ini adalah beberapa jawaban terbaik untuk menjawab alasan memilih bekerja di perusahaan yang dilamar:

1. Fokus pada keunggulan perusahaan yang berkaitan dengan keunggulanmu

Hindari jawaban karena perusahaan sedang membuka lowongan. Selain itu, menjawab sedang membutuhkan pekerjaan, atau sedang membutuhkan uang, juga sama sekali tidak disarankan.

Jawaban ini mungkin terdengar jujur. Namun, jawaban tersebut tidak akan memuaskan pewawancara. Hal itu akan terkesan sangat klise dan lugu.

Fokuslah untuk memberi jawaban tentang kelebihan yang dimiliki perusahaan tersebut dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain. Kemudian, hubungkan hal tersebut dengan pengalaman atau keterampilan yang kamu miliki.

2. Jelaskan kaitan antara keterampilan yang kamu miliki dengan posisi yang dilamar

Ide jawaban mengenai pertanyaan “Kenapa Melamar di Perusahaan Ini?” yaitu mengkaitkan semua itu dengan posisi yang sedang dilamar dengan bahasa yang tenang, tegas, dan meyakinkan. Hal ini akan membuat HRD memiliki prasangka serta ekspektasi yang bagus tentang pribadimu.

Jika belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa mengaitkannya dengan visi misi perusahaan. Kaitkan tujuanmu bergabung dengan visi misi yang dibawa oleh perusahaan.

Video Dari BikinCV

Jika ingin menjawab demikian, sebaiknya pelajari visi misi perusahaan lebih dalam dan susun poin-poin tersebut menjadi kalimat yang persuasif.

Gunakanlah kata-kata yang sopan saat mulai berbicara dengan pewawancara. Usahakan tetap tenang dan jangan terbata-bata.

Pihak HRD bisa menilai kamu sebagai pribadi yang mudah gugup atau tidak mempersiapkan diri dengan baik. Akan lebih baik jika sebelum melakukan interview, kamu menenangkan diri terlebih dahulu.

3. Hubungkan tujuanmu dengan branding produk

Kamu bisa mengaitkan dengan produk saat menjawab mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami.

Sebaiknya, pahami tentang citra brand produk yang dimiliki perusahan. Akan lebih baik jika kamu pernah mencoba atau menggunakan produk-produk tersebut.

Tunjukkan semangat yang tinggi untuk bisa bekerja di tempat yang mempunyai hubungan erat dengan kebutuhan hidupmu. Hal ini tentu akan menjadi pertimbangan besar bagi pihak perekrut.

4. Menyambungkan visi misi perusahaan dengan pengalaman dan keterampilan

“Saya membaca di situs resmi perusahaan Anda, bahwa perusahaan Anda memiliki visi untuk menyediakan kosmetik yang aman dan terjamin.

Latar belakang pendidikan saya sebagai lulusan teknik kimia tentu akan akan sangat membantu perusahaan Anda dalam mencapai target kosmetik nomor 1 di Indonesia.”

5. Memanfaatkan peluang dan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan

“Perusahaan Anda sedang berencana ekspansi ke pasar luar negeri. Dengan pengalaman saya dalam bidang pemasaran serta kemampuan bahasa Inggris yang baik, saya yakin keterampilan tersebut akan menjadi keuntungan besar bagi perusahaan.”

6. Menggunakan pandangan pribadi serta pengetahuan tentang produk perusahaan

“Saya adalah seorang fresh graduate. Saya ingin mendapatkan pekerjaan pertama saya, dan saya memutuskan untuk bekerja di perusahaan Anda karena saya mempercayai semua produk yang dibuat oleh perusahaan Anda.”

Beberapa contoh di atas merupakan beberapa jawaban yang dapat berikan jika diberi pertanyaan mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami oleh HRD saat wawancara kerja.

Agar lebih efektif,  disarankan agar kamu melakukan berbagai riset terlebih dahulu. Mencari tahu pengalaman orang lain saat interview kerja, merupakan pilihan yang tepat. Apalagi, bagi kamu yang baru akan menghadapi interview yang pertama kali.

Sekian artikel mengenai Kenapa Melamar di Perusahaan Ini? [Cara Jawab Saat Interview]. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan informasi tambahan untuk mempersiapkan diri sebelum interview kerja.

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI