Mohon Menunggu...
Anda akan diarahkan ke website

Icon Website Rajaloker.id

Cara Jawab Kelebihan dan Kekurangan Pada Diri Saat Interview

Bagikan :

Cara Jawab Kelebihan dan Kekurangan Pada Diri Saat Interview – Pertanyaan terkait kelebihan dan kekurangan diri terkesan sederhana namun cukup menguras pikiran untuk menjawabnya. Bagi Anda yang sudah seringkali melakukan wawancara kerja, pastinya Anda sudah berpengalaman menghadapi berbagai pertanyaan dari recruiter.

Artikel ini akan membahas tuntas mengenai kekurangan dan kelebihan diri, mulai dari alasan recruiter menanyakan pertanyaan tersebut,  hingga contoh jawaban kekurangan dan kelebihan diri pada saat interview. Aspek pertama yang harus Anda sampaikan adalah kelebihan diri. Dalam menyampaikan bagian ini, pastikan bahwa kelebihan yang tercantum relevan dengan pekerjaan yang dilamar atau dapat dipakai di dunia kerja secara luas.

Akan lebih baik lagi jika Anda dapat mendukung kelebihan dengan pencapaian Anda pada pekerjaan sebelumnya agar calon perusahaan semakin yakin dengan Anda. Namun, jika memang tidak bisa, Anda tidak perlu khawatir. Berikut adalah contoh menjawab kelebihan diri yang dapat Anda ucapkan pada wawancara kerja.

1. Berkomitmen Terhadap Pekerjaan

Perusahaan selalu menyukai orang yang memiliki dedikasi dan komitmen yang tinggi, akan tetap hindari juga untuk menjawab yang terlalu berlebihan apalagi tidak sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Tunjukan jika Anda dapat menjadi orang yang dapat diandalkan, dan bertanggung jawab atas setiap pekerjaan yang diberikan sesulit apapun. Anda juga dapat menjawabnya dengan cara memberikan contoh di perusahaan sebelumnya yang mungkin meminta Anda untuk lembur, atau melakukan pekerjaan yang tidak sesuai jobdesk.

2. Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Jika Anda salah satu orang yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, maka tidak salah jika ditonjolkan. Karena ini dapat menjadi pertimbangan dimana aspek ini sangat penting dalam pekerjaan maupun dalam sehari-hari. Dengan komunikasi Anda akan jauh lebih mudah menjailn hubungan kerja, maupun dengan tim. Tunjukan juga cara berkomunimkasi yang menyenangkan dengan cara berbicara tidak bertele-tele, lugas, dan mudah dimengerti

3. Orang yang Menyenangkan

Maksudnya menyenangkan adalah bahwa Anda umumnya disukai banyak orang sehingga memiliki banyak relasi. Kalau Anda memang seperti ini dan menjawab dengan ini, recruiter mungkin sudah merasakannya terlebih dahulu karena Anda memang dasarnya orang yang membawa energi positif.

Sifat seperti ini dapat membuat pewawancara lebih mempertimbangkan Anda karena dianggap mudah beradaptasi di lingkungan baru.

4. Kemampuan Interpersonal

Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview, bukan saja kemampuan komunikasi yang disukai oleh para interviewer, tapi juga kemampun yang Anda miliki dari dalam diri seperti salah satunya adalah negosiasi. Kemampuan ini dapat digunakan untuk melakukan tawar menawar dengan klient, hingga mencari jalan tengah saat keputusan tidak menemui titik terang. Dari kelebihan yang Anda miliki perusahaan akan mempertimbangakan untuk merekrut Anda terlebih jika perusahaan tersebut adalah agensi iklan.

5. Selalu Ingin Mempelajari Hal-Hal Baru

Perusahaan manapun akan selalu menyukai karyawan yang ingin mempelajari berbagai hal baru. Anda dapat mengatakan bahwa rasa penasaran yang besar memacu Anda untuk terus mempelajari dan pada akhirnya menguasai ilmu dan skill baru.

Video Dari BikinCV

Jika Anda memang senang menambah kemampuan, maka perusahaan akan menganggap Anda sebagai seseorang yang tidak takut keluar dari zona nyaman. Tentunya, ini adalah hal positif karena akan semakin meningkatkan keyakinan calon perusahaan terhadap Anda.

Contoh Menjawab Kekurangan Diri :

Mengakui mengenai kekurangan diri sendiri memang tidak mudah. Anda tetap harus menjawabnya dengan jujur.  Namun, jika Anda ingin perusahaan idaman Anda mempertimbangkan Anda, berikanlah solusi, jika memungkinkan, untuk mengurangi kelemahan tersebut.

1. Kurang Menguasai Bahasa Asing

Sudah menjadi hal umum jika bahasa asing menjadi salah satu syarat untuk bekerja di suatu perusahaan, apalagi jika perusahaan tersebut memiliki klien atau hubungan yang erat dengan orang asing.

Namun jika belum mumpuni dalam skill ini setidaknya diharapkan Anda sudah mulai paham sehingga tetap memiliki penilaian yang baik di mata HRD. Kami juga menyarankan untuk setiap karyawan mengasah kemampuan bahasa asing mereka, karena ini menjadi salah satu nilai tambahan.

2. Pengalaman yang Masih Minim

Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview, akan sangat wajar jika sebagai seorang fresh graduate belum memiliki banyak pengalaman, namun untuk mengatasi hal ini Anda harus menunjukan sisi positif lain diri yang dapat dipertimbangkan. Misalnya, soft skill apa yang Anda miliki, atau kursus apa yang pernah Anda ambil berkaitan dengan pekerjaan ini.

3. Kurang Percaya Diri

Bagi Anda yang Introvert mungkin ini adalah masalah ayng sering dialami. Lebih banyak diam daripada harus berdebat. Menyukai menjadi follower dan bukan menjadi leader. Bukan masalah jika kamu mengakui kekurangan ini di depan rekruiter, karena jujur adalah kunci utama, tapi pastikan jika Anda menunjukan usaha untuk memperbaikinya.

4. Kurang Terorganisir

Kalau Anda bukan orang yang rapi secara alami, usahakan bahwa sifat ini tidak terbawa ke pekerjaan Anda. Jika sampai menyangkut pekerjaan, seperti e-mail Anda yang umumnya tidak tertata, maka Anda dapat mengakalinya dengan menjawab bahwa belakangan ini sudah mulai rutin diorganisir setiap tiga hari sekali.

Recruiter akan melihat ini sebagai usaha untuk membuat diri menjadi lebih baik.

5. Sulit Mendelegasikan Pekerjaan

Anda mungkin berpikir bahwa Anda akan terlihat hebat karena dapat melakukan berbagai pekerjaan sendirian dengan hasil yang memukau. Namun, ini akan menyulitkan Anda jika Anda mengincar promosi menjadi manajer atau sejenisnya karena membutuhkan kerjasama dari tim.

Anda dapat mengakali kelemahan ini dengan menjawab bahwa Anda terus berusaha memberi kepercayaan lebih terhadap orang untuk mengerjakan pekerjaan yang umumnya dikerjakan sendiri.

Kuncinya adalah menjawab secara jujur dan profesional

Setiap orang memiliki kelebihan serta kekurangan. Jawab setiap pertanyaan “Apa kelebihan dan kelemahan Anda?” secara jujur namun, tetap menunjukkan sisi kompetensi kamu dalam bekerja.

Artikel di atas semoga membantu kamu dalam menemukan ide jawaban untuk pertanyaan tentang kelebihan ataupun kekurangan kamu. Selamat Mencoba, semoga berhasil.

Bagikan Yuk :

Cek Lowongan Kerja Terbaru

Pembayaran

  • Pembayaran dengan Bank BCA
  • Pembayaran dengan OVO
  • Pembayaran dengan GoPay
  • Pembayaran dengan Shopee Pay
  • Pembayaran dengan DANA
  • Pembayaran dengan LinkAja
  • Pembayaran dengan Qris
  • Pembayaran dengan AlfaMart
  • Pembayaran dengan AlfaMidi
  • Pembayaran dengan DanDan
  • Pembayaran dengan Bank Mandiri
  • Pembayaran dengan Bank Permata
  • Pembayaran dengan Bank BRI
  • Pembayaran dengan Bank BNI